menulislah untuk pembaca bukan untuk search engine menulislah untuk pembaca bukan untuk search engine | TUTORIAL BLOGGER

berlangganan

0 menulislah untuk pembaca bukan untuk search engine


Bagaimana teman-teman mengukur kesuksesan blog yang dimiliki? Sebagai blogger, kadang kita terlalu sibuk mengurusi statistik pengunjung, pagerank, alexa rank, pendapatan dari Adsense, Chitika, affiliasi Amazon, e-book atau berbagai hal lain yang kita anggap sebagai metrics. Blog memang ada di dunia maya. Karena itu wajar kalau kita mengukur performancenya dengan membandingkannya dengan fasilitas yang ada di dunia maya pula.
Namun kita perlu ingat, yang membaca blog adalah orang sungguhan. Meski mungkin efeknya tidaklah sedahsyat traffic dari Google search, tapi rekomendasi dari orang lebih personal. Orang yang menemukan blog kita dari Google mungkin hanya akan membaca sekali itu. Namun belum tentu akan kembali ke blog kita lagi. Rekomendasi dari teman akan lebih mengena, dan sangat mungkin akan menjadi pembaca setia blog kita. Misalkan teman-teman hendak menonton film, siapakah yang lebih teman-teman percaya? Rekomendasi teman atau dari Google search?
Menulislah untuk orang, karena yang akan membaca adalah orang sungguhan, bukan Google bot yang akan memeringkat situs teman-teman di hasil pencarian. Seandainya waktu itu saya menulis blog untuk mengejar peringkat Google, copas dari berbagai sumber, rasanya tanggapan mereka yang bertemu saya waktu itu akan berbeda. Setuju?

Total Pengunjung

free counters
 

TUTORIAL BLOGGER Copyright © 2011 - |- Template created by O Pregador - |- Powered by Blogger Templates